Selasa, 24 Juli 2018

7 Tips Membuat Artikel Blog Menarik & Enak Dibaca

Image result for Tips Membuat Tampilan Artikel Web Yang Nyaman Untuk Dibaca

jasa pembuatan website di jakarta utara - Terdapat beberapa yang terasa kuatir dalam menulis content atau artikel website. Banyak pula yang lalu terasa menulis artikel merupakan pekerjaan berat yang kuras tenaga, bahkan juga pembaca juga pada akhirnya turut terasa berat juga saat mesti membaca artikel yang dibikin lewat cara demikian, karena artikel terlihat datar serta menjemukan. Tempo hari ada sahabat blogger yang menanyakan lewat e-mail tentang tehnis atau format artikel website yang terlihat menarik serta nyaman dibaca. Yah, kuncinya menurut saya simpel, pakai motivasi jika " artikel itu dibikin untuk dibaca ", bukan hanya meningkatkan jumlahnya posting. Dalam artikel ini saya akan mengemukakan beberapa panduan terkait dengan format tulisan artikel website, bila awal mulanya sahabat belumlah membaca tentang aspek non tehnis dalam menulis artikel, silakan baca dahulu Panduan Menulis Artikel Website Berkualitas serta Penuh Inspirasi.

Kembali pada tema. Artikel dibikin untuk dibaca. Serta artikel yang bagus bukan bermakna artikel yang berat loh. Mungkin saja bicara tentang " buah apa yang berada di kebunku " tambah lebih menarik dibanding " panduan hebat mendapat jodoh dalam sehari ". Di mana letak ketidaksamaan yang dapat membuat topik pertama lebih menarik? Pada format penyajian content. Serta ketidaksamaan format kecil saja dapat membuat topik ke-2 itu dilibas habis oleh topik pertama.

Tentulah, anggapan basic dari menulis artikel merupakan tentang apa yang di ketahui. Iitulah argumen kenapa seorang mempunyai website atau web : untuk tuangkan apa yang dia kenali, tekuni, kembangkan, atau bahkan bisa saja dibikin. Sahabat tentu tahu, pelajari, serta kuasai suatu. Berangkatlah dari itu. Saat sahabat menuliskan, akan tidak ada kesusahan bermakna serta malah akan begitu menyenangkan.

Oke, lanjut lagi ke format artikel. Ini cuma permasalahan melatih serta mengingat format atau bentuk artikel yang user friendly. Saat itu juga telah terlatih, juga bakal menyenangkan, serta ditambah lagi akan membuahkan suatu yang menguntungkan, monetisasi. Untuk pastikan artikel sahabat dibaca serta enak dibaca, tersebut beberapa panduan tentang format penyajian artikel website :

1. Pakai paragraf
Paragraf begitu terpenting untuk membagi pokok pikiran, hingga isi semasing pokok pikiran bisa dituangkan dengan beberapa batasan yang pasti. Pembaca bisa dengan ringan ikuti tiap-tiap pemikiran itu karena ada pembelahan. Satu paragraf jangan pernah sangat panjang, contohnya sampai lebih dari 1/2 halaman, karena ini bisa turunkan mood pembaca. Membaca seakan jadi pekerjaan berat serta tidak menyenangkan. Ingat, paragraf tidak harus berbentuk beberapa kumpulan kalimat sejumlah banyak, terkadang hanya satu kalimat, bahkan juga hanya satu kata! Janganlah lupa berikan jarak antar paragraf/berikan ruangan kosong, hingga paragraf-paragraf tidak terlihat berdesakan.

Lihat juga : jasa pembuatan website jakarta utara

2. Pakai format justify (rata kiri kanan)
Format ini condong membuat artikel tanpa rapi di semasing bagian, hingga membacanya juga enak. Pakai text align justify ini pada bentuk tulisan pada artikel murni. Tentulah, bila ada tulisan yang memiliki kandungan bentuk-bentuk lainnya seperti kode/script, janganlah aplikasikan rata kiri kanan di bagian itu.

3. Pakai daftar, baik angka atau bentuk lainnya (unordered daftar).
Memakai daftar untuk mengutamakan beberapa poin spesifik membuat pembaca ringan mengingat serta ambil intisarinya. Bila ada keterangan penambahan, baru ditambahkan dalam beberapa kalimat atau suatu paragraf. Saat ada format daftar, pembaca akan tahu ada penekanan poin serta ada panduan jika di bagian daftar berikut semuanya point terpenting dikatakan. Ini begitu bermanfaat bila sahabat membuat artikel-artikel yang mempunyai beberapa poin yang diutamakan, contohnya panduan, panduan, prosedur, manual, beberapa jenis, dan sebagainya.

4. Pakai heading atau sub-heading
Memakai heading bisa memberi kesempatan untuk membagi tulisan dalam sub-sub spesifik. Ini akan mempermudah pembaca bergerak dari satu point ke point yang lain. Format ini akan begitu berguna buat artikel yang begitu panjang serta berisi banyak pokok perbincangan dalam suatu tema. Heading atau sub heading dalam format HTML memakai tag header dari h1 hingga sampai h6. Pendapat saya pakai sub heading dibawah level judul artikel. Sahabat bisa dengan ringan memformatnya dengan memakai text selection pada sebaris kata yang akan jadikan sub heading, lalu lihat ke atas text editor, ada menu dropdown dengan menu utama " Normal ", click serta pilih format heading, sub heading, atau minor heading. Di WordPress, penampilan menu utama merupakan " Paragraph ", ganti jadi header1, header2, header3, .... dan sebagainya.

5. Pakai judul artikel kreatif serta menarik
Judul artikel seperti mahkota. Apa yang dia tampakkan punya pengaruh pada berapa menarik artikel di dalamnya. Buat judul sekreatif mungkin saja. Janganlah cuma terpaku pada kata kunci (keyword), karenanya malah bisa kurangi nilai artikel, walau sebenarnya mungkin saja artikel di dalamnya begitu bagus. Contohnya, dibanding memakai " 8 Panduan Mendapat Jodoh ", coba macam lainnya. Contoh, " Temukan Jodohmu Dengan 8 Langkah Ringan ini! ". Pakai juga format-format yang lebih provokatif, contohnya dengan memakai kalimat bertanya. Kerap loh saya merasakan incoming search yang memakai kata kunci (keyword) kalimat bertanya, contohnya, " Link building apa itu sich? ", " bagaimanakah cara website saya didatangi??? ", dan sebagainya. Beneran ada tuch, gak bohong. Mungkin saja orang telah memandang Google itu manusia yang dapat jawab kali ya...

6. Usahakan pembaca tertarik dari pertama sampai akhir
Dari pertama paragraf, pakai situasi-situasi riil supaya pembaca bisa mengaitkan dengan dianya. " Nah, ini gue banget nih! ", " Hmmm, ini yang saya butuhin.... ", " Oh, begitu ya, jadi bagaimana langkah ngatasinnya? ", dst... Pakai gambaran serta metafora untuk mengantarkan point perbincangan, tetapi janganlah terlalu berlebih. Bila diperlukan, usahakan pakai gambar untuk menggambarkan satu kondisi atau contoh supaya pembaca bisa dengan ringan menyerapnya.

7. Pakai Pengalaman pribadi menjadi contoh dalam topik
Pakai pengalaman pribadi kamu saat menjumpai satu permasalahan serta dalam memecahkannya. Ini yang membuat satu karya catat berharga tinggi, karena sahabat bukan sekedar tuliskan apa yang didengar, atau yang telah ditulis orang yang lain saja, tetapi di kembangkan jadi apa yang dihadapi sendiri serta dikuasai benar. Sahabat akan tidak sebatas bicara menjadi guru yang mengajar sekalian memegang buku pelajaran terbitan luar, tetapi seperti seseorang narasumber yang memegang catatan pribadi serta mengemukakan apa yang dihadapi, di teliti, serta dicarikan jalan keluarnya.

Oke, mudah-mudahan bisa memberi deskripsi buat sahabat supaya lebih mawas dengan format tulisan pada artikel yang sahabat buat.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.